Senin, 03 Agustus 2009

Makna Doa Bangun Tidur

الْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Segala puji hanya milik Allah yang telah menghidupkan kami setelah sebelumnya mematikan kami, dan hanya kepada-Nya-lah kita kembali.”

Penjelasan:

v Orang yang sudah mati tidak dapat bergerak, tidak dapat mendengar dan tidak dapat melihat, karena ruhnya telah naik dan kembali kepada Allah. Tanpa ruh, jasad akan mati dan riwayatnya akan berakhir, lalu ia akan berubah menjadi tanah.

v Orang yang sedang tidur, ruhnya juga akan naik dan kembali kepada Allah hingga dia tidak dapat mendengar dan melihat. Ketika bangun tidur, dengan izin Allah, ruhnya akan kembali lagi hingga dia pun dapat mendengar, melihat, bergerak dan mengetahui segala sesuatu lagi.

v Demikian pula, ketika kita sudah mati, lalu ruh-ruh kita naik dan kembali kepada Allah, maka Allah swt. akan menghidupkan kita kembali, yaitu setelah Dia memasukkan kembali ruh-ruh kita ke dalam jasad-jasad kita, dengan tujuan agar kita dapat berdiri di hadapannya untuk menjalani proses hisab (perhitungan amal). Orang yang amalnya baik akan masuk surga, sedangkan orang yang amalnya buruk, nasibnya di tangan Allah. Jika Allah menghendaki untuk menyiksanya, maka Dia akan menyiksanya. Tetapi jika Dia menghendaki untuk mengampuninya, maka Dia pun akan mengampuninya.

v Allah swt. yang telah menjadikan kita dapat tidur dan kemudian bangun kembali, Dia-lah yang akan mematikan kita dan kemudian menghidupkan kita kembali.

v Tidur adalah seperti kematian. Orang Mukmin hendaknya ingat bahwa dia akan mati dimana ruhnya akan pergi dari jasadnya seperti ketika dia sedang tidur, dan bahwa dia akan dibangkitkan di hadapan Allah pada hari Kiamat nanti sebagaimana Allah telah mengembalikan ruhnya ketika dia masih di dunia hingga dia pun dapat bangun dari tidurnya. Tujuan dia dibangkitkan kembali adalah agar Allah swt. dapat meminta pertanggungjawaban darinya atas semua perbuatan yang telah dilakukannya di dunia.

1 komentar:

  1. terima kasih, semua manusia harusnya tahu ini. semoga bisa bermanfaat

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda