Sabtu, 11 April 2009

Pengorbanan Abu Bakar

Abu Bakar adalah seorang sosok yang rela mengorbankan harta, keluarga dan jiwanya demi memberikan pengabdian kepada Islam. Diriwayatkan bahwa ketika hendak masuk ke dalam gua Hira`, Abu Bakar ra. mendahului Rasulullah saw. guna memeriksa apakah di dalam gua itu terdapat ular atau kalajengking yang dapat membahayakan diri Rasulullah. Abu Bakar membersihkan gua itu dengan menggunakan pakaiannya sendiri, lalu dia menutup semua lubang yang ada di dalamnya. Hanya ada satu lubang saja yang belum tertutup, tetapi kemudian dia menutupnya dengan menggunakan telapak kakinya. Ketika Nabi sedang tidur di pangkuan Abu Bakar, tiba-tiba ada seekor ular yang muncul dari lubang yang ditutup oleh Abu Bakar dengan menggunakan telapak kakinya itu. Ular itu menyengat telapak kaki Abu Bakar. Abu Bakar pun merasakan kesakitan yang luar biasa, tetapi dia tidak mau membangunkan Rasulullah saw.. Ketika rasa sakit yang dirasakannya semakin bertambah, air matanya pun mengalir ke pipinya hingga akhirnya air mata itu jatuh ke pipi Rasulullah. Rasulullah pun terbangun, lalu beliau bertanya, “Apa yang terjadi padamu, wahai Abu Bakar?”
Abu Bakar menjawab, “Aku disengat ular, wahai Rasulullah.”
Rasulullah pun meludahi bagian kaki yang disengat ular itu hingga bagian itu sembuh seketika. Setelah itu Rasulullah saw berdo`a, “Ya Allah jadikanlah Abu Bakar berada bersamaku di dalam satu derajat (tingkatan) pada hari kiamat nanti.”
Allah pun mengabulkan doa Nabi-Nya itu, maka turunlah ayat, “Dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya, ‘Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita.’” (at-Taubah: 40)
Sungguh luarbiasa pengorbanan yang telah diberikan oleh Abu Bakar ra. untuk kepentingan Baginda Rasululllah saw.. Mudah-mudahan kita semua dapat menauladani sosok Abu Bakar ra. yang karena kecintaannya kepada Rasulullah, dia rela mengorbankan apa yang dia miliki, bahkan jiwanya sekalipun, demi orang yang dicintainya itu. Aamiin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda